batik tulis jogja

batik tulis jogja

batik tulis jogja

Monday, January 6, 2014

Batik Tulis Jogja



Pengertian Batik 


Batik merupakan suatu proses yang dilakukan untuk membuat atau menghasilkan sebuah produk yang akan digunakan sebagai bahan baku pakaian yang berfungsi sebagai baju, celana, rok, jarit, tapih, maupun selendang. Batik telah menjadi Warisan Kebudayaan Dunia yang diakui berasal dari Indonesia. Hal ini tentu saja sangat membanggakan bagi kita mengingat belakangan ini banyak kebudayaan kita yang telah diakui oleh negara lain sebagai warisan kebudayaan mereka karena kurang pedulinya pemerintah untuk mematenkan kebudayaan masyarakat sebagai kebudayaan asli Indonesia, terutama untuk bisa diakui di dunia internasional.

Arti kata batik


Kata batik sendiri berasal dari bahasa Jawa yaitu amba dan titik. Amba berarti menulis sedang titik mempunyai arti yang sama dengan bahasa Indonesia yaitu titik. Kata batik apabila diartikan bisa berarti menulis dan menitik. Kenapa disebut menulis? Pada mulanya semua kain batik dibuat dengan cara tulis manual dengan tangan (dalam perkembangannya ada yang dengan cap maupun juga printing). Batik yang ditulis dengan tangan inilah yang disebut sebagai batik tulis (misal batik tulis jogja maupun batik tulis solo).

Batik tulis  


Budaya membatik, batik tulis sangatlah berkembang pesat di wilayah Jawa. Pada saat ini, Jogja dan Solo adalah dua tempat yang telah dikenal secara nasional maupun internasional sebagai sentra pembuatan batik tulis. Kemampuan membuat batik ini telah diturunkan dari generasi ke generasi. Motif-motifnya pun sangat beragam. Untuk motif batik klasik semisal wahyu temurun, sido mukti, sido asih dan yang lain-lainya, semua mempunyai filosofi dan makna tersendiri yang diharapkan menjadi kenyataan pada pemakainya. Makna dan filosofi batik sendiri didapatkan dari ajaran nenek moyang yang masih menganut aliran agama animisme dan dinamisme. 

Sentra pembuatan batik tulis di Jogja


DesaGiriloyo adalah salah satu sentra pembuatan batik di wilayah Jogjakarta. Wilayah yang berdekatan dengan Makam Raja-Raja Imogiri ini telah dikenal sebagai tempat penghasil produk batik yang berkualitas tinggi. Motif-motifnya pun sangat beragam. Produk andalan dari Giriloyo adalah kain batik dengan motif-motif warisan kerajaan Mataram, seperti Sido mukti, truntum, parang, kawung, grompol, sido luhur dan masih banyak lagi. Pengrajin di wilayah ini sangatlah teliti dan mahir membuat batik sehingga tidak heran apabila saat ini banyak pejabat dari bupati, gubernur, menteri bahkan mantan presiden Megawati pernah memakai produk batik tulis jogja dari wilayah ini. Hal ini tentu sangat membanggakan bagi para pengrajin di tempat tersebut karena hasil karya mereka semakin dihargai dan tentu tingkat ekonomi para pengrajin bisa meningkat.

Wisata batik




Belakangan wilayah Giriloyo juga telah berubah menjadi sentra wisata batik di Yogyakarta. Hal ini terjadi karena batik semakin dikenal dan diminati oleh banyak wisatawan (lokal maupun internasional) yang begitu penasaran dengan pembuatan batik tulis jogja yang dikenal begitu rumit dan membutuhkan waktu lama. Berdasarkan pengalaman mereka yang telah mengikuti pelatihan belajar membatik di wilayahGiriloyo, sebagian besar merasakan sensasi yang luar biasa ketika membuat bisa batik mereka sendiri.
Saat ini, di wilayah Giriloyo telah dibangun Gazebo Batik yang berfungsi untuk tempat pelatihan membatik bagi para wisatawan maupun pelajar. Hal ini sangat mendukung pengembangan wisata belajar membatik di tempat tersebut. Karena dengan adanya tempat yang memadai maka para peserta belajar membatik akan terasa lebih nyaman.

Demikian artikel ini saya tulis dari beberapa sumber (wikipedia dan pengrajin batik Giriloyo). Semoga bermanfaat bagi Anda semua.

No comments:

Post a Comment